RSS

Memanfaatkan Kesempatan Dalam Kesempitan

19 Jul

Saya tidak tahu pasti apakah hal yang saya lakukan ini baik atau buruk, tetapi saya merasa bahwa saya tidak merugikan siapapun. Cerita ini terjadi seputar bencana gempa bumi yang melanda Jogja pada tahun 2006.

earthquake

Saat itu saya harus segera mengirim email untuk pemesana PCB (printed circuit board), melakukan transaksi pembayaran, dan juga menulis laporan kerja di komputer. Tiba-tiba saja semua jaringan listrik mati, koneksi internet down, dan saya tidak bisa melakukan apa-apa untuk semua pekerjaanku yang masih menumpuk itu.

Lalu tiba-tiba muncul pencerahan: Lho bukannya dengan lumpuhnya semua fasilitas publik berarti saya bisa bersantai sejenak, tidak perlu pusing memikirkan proyek yang sudah pasti melanggar dateline. Ya, untungnya ada gempa. Gempa membawa keberuntungan? Khusus untuk kasusku memang iya, karena masalah saya menjadi sederhana: cukup katakan terjadi bencana, force majeure, dan klien pasti tidak bisa menuntut apa-apa.  Padahal, sebenarnya tanpa terjadi bencanapun, saya tidak akan bisa mengirimkan prototype dari desain yang dia pesan secara tepat waktu. Begitulah, ketika jaringan listrik kembali hidup, dan koneksi internet kembali normal, sesegera mungkin saya kirim email kepada klien saya yang tinggal di UK kalau di kotaku Jogja terjadi bencana, semua fasilitas publik mati, sehingga pengiriman prototype dari desain hardware yang dia pesan akan mengalami keterlambatan selama seminggu. Pernahkah Anda mendapati pengalaman sejenis?

 
1 Comment

Posted by on July 19, 2009 in Dunia Kerja

 

Tags:

One response to “Memanfaatkan Kesempatan Dalam Kesempitan

  1. henny

    July 22, 2009 at 1:45 pm

    lha ini mest bawaan jaman kuliah to … aben2 nek disuruh ngumpulin tugas jadikan alasan komputer rusak ato listrik mati, dasar ! :p. dah kulink yak 😀

     

Leave a Reply

 
