RSS

Wahai Ilmuan, Hidup Ini Seperti Mimpi, Anggap Saja Seperti Permainan

21 May

Hari ini aku baca berita, ada tuyul yang berhasil ditangkap dan dimasukkan ke dalam botol, dan aku hanya tertawa di dalam hati. Aku jadi ingat beberapa waktu yang lalu, ada berita manusia kawat, bahkan sampai masuk tv. Masih kuingat juga berita di televisi, penyembuhan alternatif dengan cara merebus orang yang sakit dalam air mendidih. Aku bukanlah orang yang mudah takjub dengan hal-hal seperti itu, meski kadang penasaran. Keinginan untuk meneliti hal-hal seperti itu tentu ada, tetapi tidak cukup mempunyai kesempatan untuk hal-hal yang paling nantinya menjadi bahan tertawaan.

Hidup ini bagaikan mimpi, kejadian begitu aneh, kemudian kita terbangun, tetapi kemudian banyak hal menjadi lebih aneh, dan alangkah kagetnya karena ternyata yang tadi ternyata belum benar-benar bangun dari mimpi, dan akhirnya, setelah bangun berkali-kali, kita tidak pernah yakin apakah kali ini kita sudah benar-benar terbangun dari mimpi.

Hidup ini seperti permainan, wahai ilmuan, maka teruslah bermain dengan eksperimen ilmiahmu, selagi masih menyenangkan. Teruslah bermain, meski lawan-lawan mainmu menjadi tahan api, menjadi tidak terdeteksi, atau bahkan menjadikan teknologi yang kamu hasilkan kadang menampilkan banyak hal yang patut ditertawakan. Ada tuyul gambar di dalam botol, atau gambar genderuwo tiba-tiba menjadi latar belakang yang kelihatannya lebih narsis daripada obyek yg seharusnya. Atau, bahkan ada yang lebih mwnggelikan: pisau, gunting, paku, dan silet di dalam jaringan otak yang masih dipakai untuk berpikir, tentu saja ini bukan tempat yang tepat untuk barang-barang itu.

Wahai ilmuan, jangan pernah risau ketika anda harus diam ketika menjumpai hal aneh semacam ini. Kita bukannya kalah, tetapi karena memang diam adalah strategi terbaik memenangkan permainan. Sekali lagi perlu diingat, ini hanyalah permainan. Pura-puralah agar terlihat selalu gembira, kalau perlu pura-puralah ikut tertawa terhadap semua kekonyolan ini, toh kejadian yang seperti ini secara statistik bisa diabaikan bukan?

Begitulah pesan saya, teruslah bermain dengan semua eksperimen laboratorium kamu, selagi sebagian besar hasil pengukuran menunjukkan data yang bermakna untuk suatu kesimpulan, teori baru, atau apapun yang bisa menyenangkan dan membuat permainan ini lebih hidup. Teruslah bermain, catat dengan rapi semua hasil permainan, teori, penjelasan, rancangan suatu penemuan, atau apapun yang kamu hasilkan. Ingat sekali lagi, catat yang rapi, pegang erat-erat, meski tak yakin apakah catatan itu masih bisa kita baca dan kita pahami ketika bangun nanti.

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on May 21, 2010 in Filsafat

 

One response to “Wahai Ilmuan, Hidup Ini Seperti Mimpi, Anggap Saja Seperti Permainan

  1. Free Dee

    May 21, 2010 at 4:04 pm

    Nice…Ilmuan tdk selalu bereksperimen dengan hal yang ilmiah, tapi sekali-kali hal-hal yang tidak “lumrah”….:D

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: