RSS

Category Archives: Kejutan Budaya

Sepeda Onthel Merajai Jalanan!!!

Ini adalah salah satu pengalaman yang mengherankan, ketika sepeda onthel merajai jalanan. Ini bukan cerita jaman jadul, tapi cerita dari tahun 2006, jadi gak jadul-jadul amat kan? Sebagai orang yang lama tinggal di Jogja, saya sudah biasa merasakan bagaimana ketika sepeda motor merajai jalan-jalan di kota pelajar itu. Buat yang tinggal di Jakarta, mungkin juga sudah biasa merasakan bagaimana bus-bus angkutan umum merajai jalanan di sana.

Keunggulan dari setiap raja jalanan adalah bahwa dia mempunya hak istimewa, yang lain harus minggir kalo dia lewat. Seolah-olah dia bisa melaju dengan memejamkan mata (gak mau tau pengguna jalan yg lain). Nah bisakah anda bayangkan suatu tempat di mana sepeda onthel merajai jalan-jalan suatu kota?

sepeda-onthel

Adalah Amsterdam, sebuah kota yang begitu mencengangkan buat saya, karena benar-benar suasananya tidak terbayangkan sebelumnya. Beruntung sekali saya bisa mengetahui lebih dekat kota amsterdam karena pernah harus transit selama 7 jam menunggu penerbangan ke Helsinki. Untungnya saya bepergian dengan seorang teman yang sepertinya punya banyak teman di setiap negara di Eropa, jadi bisa minta teman untuk ngajak jalan-jalan keluar bandara. Berikut ini pengalaman yang membuat saya terkejut:

  • Bangunan-bangunan dan tata letak tiap blok terlihat sama semua, temannya teman saya yang sudah delapan tahun tinggal di Amsterdam aja masih sering kesasar kalo jalan-jalan di sana.
  • Di Amsterdam orang-orang banyak sekali menggunakan sepeda, dan pengendara selain sepeda (termasuk pengendara mobil dan pejalan kaki) harus ekstra hati-hati agar tidak tertabrak oleh si raja jalanan ini.
  • Sepeda-sepeda di Amsterdam dipiara sampai bulukan, sama seperti sepeda-sepeda onthel di Jogja. Saya pikir di negara maju orang-orang gak mau miara sepeda tua, kalo catnya udah gak mulus trus beli yang baru, ternyata tidak. Apalagi hampir semua sepeda di sana mereknya sama seperti yang ada di jogja, Gazelle.  Liat saja sepeda-sepeda keluaran terbaru dar Gazelle, nuansanya tetep sama kayak model yang diproduksi tahun 45!! Wis pokoke mirip banget Jogja yang kita liat di film-film jadul deh.

Ketika saya tanyakan ke temannya teman saya itu, katanya memang nuansa jadul Amsterdam sengaja dipiara oleh pemerintah buat daya tarik wisata di sana. Begitulah, ternyata masih ada pemandangan unik yang tetap dipelihara, sama seperti sudut kota tua dia Jakarta dan di Semarang, kira-kira nuansanya sama. Onthel terusssss!!!!! Pernahkah Anda jalan-jalan mengunjungi kawasan kota tua?

 
Leave a comment

Posted by on July 19, 2009 in Kejutan Budaya

 

Tags: